Cerita Tentang TMII (Taman Mini Indonesia Indah) - Jakarta - Indonesia

Kamus : Jolangers mean para Jomblo Petualang (Jolang).

TAMAN MINI INDONESIA INDAH !!! Pasti pertama kali denger kata2 itu yang teringat adalah wisata nya jaman2 SD or SMP dulu (Jadoel bangat)... alias wisata tahun 80- awal 90 an ...

Pada Minggu pagi nan mendung tepatnya tanggal 17 februari kami para jolangers (kathy, gw, nomi, nica, yadin, n alpin) pergi berpiknik ria ke TMII aka Taman Mini Indonesia Indah untuk mematahkan “hipotesa” (cielah hipotesa ...) kalo jalan2 ke TMII dah nggak jaman.

Setelah nyampe sana .... adeuuuuu ternyata Taman mini lebih indah dan lebih menarik dari apa yang dibayangkan , bayangin aja ..... TMII punya 26 Anjungan Daerah, Arsipel Indonesia, Museum IPTEK, Istana Anak,Taman Burung, Taman Akuarium Air Tawar, Taman Bunga Keong Emas dan Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Minyak & Gas Bumi, serta berbagai sarana hiburan yang menarik seperti Teater Imax Keong Emas, Kereta Gantung, Aeromovel, Kereta Api Mini dan yang saat ini sedang dibangun yaitu Taman Budaya Tionghoa Indonesia...dll (Arghargh capek nyebutinnya pakai dll aja deh;p).

Sekedar informasi TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975, idenya berasal dari ibu Siti Hartinah (istri mantan presiden soeharto)

Bisa dibilang kalo wisata kesana nggak mungkin satu hari habis or bisa kejelajah semua, paling satu hari cuman bisa kedua tempat. Contohnya para jolangers cmn berhasil menjelajahi Aquarium Air Tawar , Museum Serangga, dan Bersepeda Ria.

Di aquarium air tawar kt bisa liat ikan2 yang besarnya nggak akan terbanyangkan (t’nyata di perairan darat ada ikan2 sebesar itu) .. but we Love it ;p, Ini ada foto-foto dengan jenis-jenis ikan "aneh" karena bisa sampai sebesar itu (nggak kebanyang kalo nanti dimakan apa iya bisa habis ... hihihihi.

Ditengah-tengah lagi seneng-seneng nya liat macam-macam ikan termasuk ada juga buaya, ada berbagai jenis belut (geli liat nya ;p) yang panjangnya seperti ular ... pada sempet tuh foto gaya juliet - romeo ... hahaha.

dari situ kt langsung dapat tiket terusan ke museum serangga ... disini kita bisa liat berbagai macam serangga yang dah di awetin, dari zaman dahulu kala (yangdah punah) sampai yang masih bisa bertahan hidup smp sekarang. Ada yang hidup juga lohhhh ... Its All cost 10.000,(dalam $ yah nggak lah dalam Rp kaliiiii;p). Can u Imagine That ;p

Di museum serangga ini kita bisa liat berbagai macam jenis serangga, ada satu yang menarik di dalam museum ada "bioskop" (ini emang seperti teater untuk pertunjukan film) didepannya ada 2 kotak kaca yang berisi pot dengan pohon jambu berwarna hijau, sempat terpikir ini fungsinya apa yah dipasang disini??? dan ternyata ketika diamati dengan sangat cermat ... ada jenis serangga seperti belalang berwarna sama dengan daun jambu tersebut (berwarna hiaju) dan sayapnya benar-benar sama seperti daun jambu tersebut.
Pada saat keluar dari museum serangga kita juga bisa melihat beberapa jenis binatang lain yang ada disini seperti kelelawar, monyet, kancil, landak, dan beberapa binatang lainnya.
Hari dah sore saat yang tepat bangat buat keliling anjugan daerahnya TMII, yang malas jalan tapi nggak mau keenakan juga naik mobil keliling (note: mobil keliling gratis lohhhhh), saatnya mencoba untuk BERSEPEDA KELILING, kita bisa pinjam ... (pinjammm ... nyewa kali ;p), kita bisa nyewa sepeda dengan harga yang terjangkau banget
ada yang sendiri (10rb) dan yang berdua Tandem (15rb) , mantaaaaFFF kan???, yang nggak tau sepeda tandem liat aja di foto (jadi sepedanya berdua gt), note : u sepeda tandem salah2 naik bisa jatuh bareng.
Yang terkenal di sepeda bareng ini adalah Ratu Sepeda (naomi) dan pembantu ratu (alphin) ;p

Seru banget loh keliling taman mini pake sepeda, selain bikin sehat n bisa berempati dengan para tukang becak n ojek sepeda, kita jg bisa menikmati pemandangan seluruh TMII dan selama kita bersepeda ria kita pasti akan sering banget papasan sm turis2 asing yg juga bersepeda sm ky kita (nah tu kan selera kita ternyata selera international) hahahahahhaha.
tp mang seru banget petualangan kita kali ini, mengenang masa kecil sekaligus olahraga. plus murah meriah, dan satu lagi nilai moralnya (kayak dibuku2 cerita yang akhirnya selalu punya nilai moral), kita ngedukung program Visit Indonesia 2008 hehehhe. so ke TMII yuk (kok gw jd ky iklan promosi TMII ya?? hehehehehe), masukin TMII sebagai salah satu agenda kalian untuk berlibur yang bener2 SERU,FRESH dan PENUH KERINGAT pastinya ;p

Biaya yang di keluarin @ +/- Rp. 50.000,.
HTM TMII (Harga Tiket Masuk TMII) : Rp. 9.000,.
HTM Museum Aquarim Ikan Air Tawar : Rp. 10.000,. (Dah termasuk Museum Serangga)
Makan Siang : Rp. 8.000,.
Ongkos (dr UKI) : Rp. 5.000,.
Sepeda Tandem : Rp. 15.000,.

Setelah semua kegiatan selesai kita ada pulang, balik lagi pada naik angkot coy ... beberapa langsung pulang, dan beberapa lagi sempat ada yangmampir di Tamini sambil main timezone dulu (sempat-sempatnya).

Tapi yang pasti seru bangat sih ...

CU On Next Trip !!

4 Responses
  1. Unknown Says:

    Makasih infonya.. Siap-siap Refreshing.......


  2. Sip ... gak pernah bosan memang kalo ke TMII :)


  3. Hendy Says:

    Lucu ih... mau doong


  4. eko pramono Says:

    wah menyenangkan kalo lagi wisata...momen indah tak terlupakan


Posting Komentar

Paket Wisata Murah